LATAR BELAKANG
Kalimantan, salah satu pulau terbesar yang memendam banyak asa. Kalimantan sebagai surga dunia yang menyimpan dua sisi mata uang yang saling berkaitan. Hutan tropis hanya dieksploitasi untuk illegal loging. Kekayaan hayati di hutan hampir punah seiring hilangnya satu-persatu spesies di hutan Kalimantan. Potensi tersebut tidak akan menjadi nilai tambah bagi masyarakat bila tidak dikelola dan dipromosikan dengan baik.
Melihat kondisi tersebut dengan didasari kepedulian yang sama, BBC dan Tribune Institute menggagas suatu rencana aksi terpadu guna menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat Borneo akan pentingnya kelestarian alam, di pandang dari berbagai sudut: ekonomi, sosial dan budaya.
Hal ini sejalan dengan keinginan pemerintah untuk memajukan industri pariwisata maka tentunya ada keinginan besar mempromosikan dan mengenalkan potensi pariwisata alam Kalimantan Barat sebaik-baiknya ke seluruh dunia. Bila dahulu informasi tersebut disebarluaskan dari mulut ke mulut, radio, surat kabar, dan televisi, maka sekarang dengan kemajuan di bidang Teknologi Informasi, Internet menjadi pilihan utamanya. Medianya bernama blog.
Tumbuh kembangnya blog, menyebabkan interaksi yang terjadi menjadi dinamis. Promosi dan informasi mengenai kekayaan dan keindahan alam Borneo kian luas, dengan keterlibatan blogger. Saat ini saja, jumlah blogger di Indonesia mencapai 1 juta orang. Tak ayal, Blogger menjadi alat promosi dan komunikasi yang efektif bagi 1,4 milyar pengguna internet.
Gawai Blogger merupakan ajang kopi darat terbesar bagi Blogger di daratan Kalimantan (Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam). Kegiatan ini berupaya melahirkan aksi konkret dari Blogger bagi Kalimantan khususnya, dan dunia pada umumnya.
Rangkain Acara
Melihat kondisi tersebut dengan didasari kepedulian yang sama, BBC dan Tribune Institute menggagas suatu rencana aksi terpadu guna menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat Borneo akan pentingnya kelestarian alam, di pandang dari berbagai sudut: ekonomi, sosial dan budaya.
Hal ini sejalan dengan keinginan pemerintah untuk memajukan industri pariwisata maka tentunya ada keinginan besar mempromosikan dan mengenalkan potensi pariwisata alam Kalimantan Barat sebaik-baiknya ke seluruh dunia. Bila dahulu informasi tersebut disebarluaskan dari mulut ke mulut, radio, surat kabar, dan televisi, maka sekarang dengan kemajuan di bidang Teknologi Informasi, Internet menjadi pilihan utamanya. Medianya bernama blog.
Tumbuh kembangnya blog, menyebabkan interaksi yang terjadi menjadi dinamis. Promosi dan informasi mengenai kekayaan dan keindahan alam Borneo kian luas, dengan keterlibatan blogger. Saat ini saja, jumlah blogger di Indonesia mencapai 1 juta orang. Tak ayal, Blogger menjadi alat promosi dan komunikasi yang efektif bagi 1,4 milyar pengguna internet.
Gawai Blogger merupakan ajang kopi darat terbesar bagi Blogger di daratan Kalimantan (Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam). Kegiatan ini berupaya melahirkan aksi konkret dari Blogger bagi Kalimantan khususnya, dan dunia pada umumnya.
Rangkain Acara
- Lomba Blog/Foto tingkat SMA/mahasiswa dan umum sekaligus peresmian Taman Pintar Alun-alun Kapuas (Mei– Juni 2009)
- Blogger trip, Wisata Kapuas & Pontianak Tourism (H-1)
- Seminar Internasional (Sabtu, 20 Juni 2009)
- Timbulnya kesadaran (awareness) pelajar/masyarakat tentang urgensi kepedulian terhadap lingkungan.
- Membangun & menciptakan kota Pontianak sebagai kota perdagangan/ jasa yang berbasis intelektualitas.
- Promosi/Sosialisasi program-program kerja terkait isu lingkungan.
- Tumbuhnya minat pada isu lingkungan dan membentuk komunitas-komunitas yang terlibat aktif.
- Optimalisasi kekuatan internet sebagai media kampanye “wajah” Kalimantan di mata dunia melalui internet.
- Panitia Gawai Blogger ‘09
- Jl.Purnama Dalam No.2 Pontianak, west kalimantan Yaser – 0813 4524 2799, Mering – 0812 5624 789, Supriadi - 05617923137
Comments :
0 komentar to “Blogging For The Earth - Gawai Blogger Kalimantan 2009”
Posting Komentar